Sejarah

By Mohamad Andi 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

SMK PGRI JATIBARANG berdiri sejak tahun 1979/1980 dan telah meluluskan setidaknya lebih 9000 orang. Pendirian SMK PGRI Jatibarang dipelopori oleh Drs. H. Uto Karnito Warsam sekaligus sebagai Kepala Sekolah Pendiri yang memimpin SMK PGRI Jatibarang sejak 1979 s.d. 2009.

       SMK PGRI Jatibarang ini adalah SMK pertama yang berdiri di Kabupaten Indramayu, sebagai wujud keperdulian untuk membangun SDM tingkat menengah di Kabupaten Indramayu. Program keahlian yang dibuka pertama kali adalah Teknik Bangunan, yaitu untuk menjawab kebutuhan tenaga dalam bidang Teknik Bangunan. Program keahlian Teknik Bangunan ini ditutup pada tahun 2006 mengingat pemintaan calon siswa terhadap Teknik Bangunan semakin melemah.

       Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan tenaga tingkat menengah dalam bidang Teknik Mesin, maka pada tahun 1990 SMK PGRI Jatibarang membuka program keahlian Teknik Mekanik Umum, yang selanjutnya berubah menjadi Teknik Perkakas dan Teknik Mekanik Otomotif pada tahun 2004, yang selanjutnya berubah nama kembali menjadi Teknik Pemesinan dan Teknik Kendaraan Ringan sesuai dengan spektrum baru tahun 2009.

      Tahun 2006 SMK PGRI Jatibarang membuka program keahlian baru, untuk menjawab tantangan dalam dunia Teknologi Informasi adapun program keahlian baru tersebut adalah Teknik Komputer Jaringan. Dan melihat permintaan pasar tentang tenaga yang mahir dalam bidang akutansi, maka SMK PGRI Jatibarang mendirikan kembali satu program baru yaitu program keahlian Akuntansi yang dikhususkan untuk wanita.