Teknik pemesinan SMK PGRI Jatibarang

By Mohamad Andi 18 Okt 2018, 09:10:45 WIB

A. Pengenalan Umum

         Program Keahlian Teknik Pemesinan merupakan salah satu Program Keahlian tertua di SMK PGRI Jatibarang. Semasa awal berdirinya sekolah sebelum kini menjadi teknik pemesinan, dahulu dikenal sebagai jurusan mekanik umum, mesin umum, dan mesin perkakas. Namun setelah memasuki era kurikulum KTSP berganti nama kini menjadi Teknik Pemesinan. Teknik pemesinan SMK PGRI Jatibarang merupakan kompetensi keahlian yang menjadi tubuh dalam sebuah Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki misi vokasi dalam bidang keteknikan teknik mesin.

 

B. Tujuan Kompetensi Keahlian

         Tujuan Kompetensi keahlian Teknik Pemesinan ialah menciptakan tenaga produktif, kreatif dan inovatif yang siap pakai untuk terjun ke dunia industri dan dunia usaha dalam bidang teknik mesin dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

  1. Kompetensi Keahlian (yang dipelajari)
  2. Teknologi mekanik
  3. Membaca Gambar Teknik
  4. Mekanika Teknik
  5. Gambar Teknik Manufaktur
  6. Pengaplikasian Mesin Bubut
  7. Pengaplikasian Mesin Bubut Kompleks
  8. Pengaplikasian Mesin Frais
  9. Pengaturan dan memprogram CNC
  10. Pengaplikasian Mesin Gerinda

 

C. Lingkup Prospek Lulusan

         Prospek utama lulusan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan adalah dapat diserap oleh dunia kerja pada umumnya serta dunia industri pada khususnya.

 

D. Alumni

          Lulusan Teknik Pemesinan SMK PGRI Jatibarang banyak yang terserap ke dunia kerja / usaha di banyak kawasan-kawasan industri, misalnya PT. AHM,  DAIHATSU, YAMAHA, EPSON, MAYORA, dll. Hal tersebut dibantu dengan adanya Bursa Kerja GABUK yang merupakan gabungan bursa kerja dari beberapa sekolah. 

         Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, lulusan Teknik Pemesinan SMK PGRI Jatibarang saat ini juga banyak terserap di Fakultas/Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, seperti POLINDRA, POLMAN, Universitas Negeri Malang, dsb dengan didukung pula dengan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi. Oleh karena itu, saat ini tujuan kompetensi keahlian tidak hanya untuk diserap di dunia kerja saja tapi juga menciptakan lulusan yang terserap pada pendidikan ke jenjang lebih tinggi.