Teknik Sepeda Motor SMK PGRI Jatibarang

By Mohamad Andi 18 Okt 2018, 09:25:39 WIB

A. INFORMASI UMUM

         Program Keahlian Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK PGRI Jatibarang adalah Program Keahlian ke lima di SMK PGRI Jatibarang. TSM dibuka pada tahun 2014 karena pesatnya perkembangan dunia otomotif khususnya roda dua. Teknik Sepeda Motor SMK PGRI Jatibarang menggandeng YAMAHA sebagai mitra industri,dan mengembangkan Kurikulum berbasis industri.

 

B. TUJUAN PAKET KEJURUAN

        Tujuan Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK PGRI Jatibarang secara umum mengacu pada isi Undang-Undang  Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) Pasal 3 mengenai Tujuan pendidikan nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Paket kejuruan Teknik Sepeda Motor SMK PGRI Jatibarang adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dengan kegiatan :

  • Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilandalam paket kejuruan teknik sepeda motor agar dapat bekerja baik secara mandiri (berwiraswasta) atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  • Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir,berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam paket kejuruan teknik sepeda motor’
  • Membekali  peserta didik dengan ilmu pengetahuan  dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan. Kurikulum yang digunakan di Teknik Sepeda Motor SMK PGRI Jatibarang  menggunakan kurikulum Nasional (KurNas) dan Kurikulum berbasis industri (YAMAHA)

 

C. MUATAN LOKAL DAN PENGEMBANGAN DIRI

       Paket kejuruan Teknik Sepeda Motor SMK PGRI Jatibarang disertai Mulok dan pengembangan diri yang akan mengembangkan Kompetensi :

  1. Kerja bangku dan Pengelasan
  2. Modifikasi mesin (Balap)
  3. Modifikasi Body dan sasis

 

D. FASILITAS PRAKTIK

  • Ruang praktek berstandar bengkel resmi
  • Memiliki sarana/media praktek yang lengkap

 

E. TECNHO PARK

            Program dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud dimana hanya sembilan sekolah menengah kejuruan seIndonesia dan salah satunya adalah Teknik Sepeda Motor SMK PGRI Jatibarang, tekcnho park adalah kolaborasi antara Pendidikan,Bisnis dan Pemerintah, yaitu Pembelajaran Berbasis Industri. Tecnho Park Teknik Sepda Motor SMK PGRI Jatibarang bergerak dalam bidang Jasa Perawatan, Perbaikan dan Penjualan Suku cadang sepeda motor,dimana konsumennya ialah siswa/i, guru, staf tata usaha SMK PGRI Jatibarang dan masyarakat sekitar.